Okeeh.. kita langsung aja ya…
Cara dan kejadian yang dialami tiap orang bisa berbeda ya.
Ini pengalaman pribadi aku, sudut pandang aku. Semoga bisa membantu kalian
yaa..
Jadi aku mulai serius mencari informasi itu kira-kira awal
bulan Juli 2020. Dan menurutku, sebelum kalian memutuskan untuk daftar, sebaiknya kalian
donwload 2 katalog yang disediakan UT, yaitu :
1.
Katalog Sistem Penyelengaraan (aku tahun ajaran 2020-2021) = Di sini
kita akan dikasih tau tahapan-tahapan yang harus kita lalui, dokumen yang harus
disediakan, cara belajar, media belajarnya,
dsb. Usahakan baca semuanya ya. Aku juga bener-bener baca ini dan sangat
membantu kelancaran proses dan jadi ga bingung. Kalian bisa download di sini : https://www.ut.ac.id/katalog
2. Katalog Kurikulum Program Study = Buat kalian
yang masih bingung mau jurusan apa, Katalog ini bisa membantu kalian memilih jurusan.
Buat kalian yang udah tau mau masuk jurusan apa, Katalog ini kasih tau mata
kuliah yang akan kalian pelajari. Atau malah mungkin bisa bikin kalian pindah
jurusan, seperti aku. Hahahahaha…
Awalnya pilihan aku adalah statistik atau Jurusan
Komunikasi, karena jujur, Komunikasi adalah kelemahanku, jadi aku pengen
belajar lebih banyak, pengen bisa public speaking, pengen bisa cas cis cus deh
pokoknya J J J Kalau statistik, karena aku suka logic dan
data, dan pekerjaanku sekarang berkaitan dengan data juga. Tapi akhirnya aku
pilih jurusan lain dengan beberapa pertimbangan.
Baiklah, kita balik lagi lagi ke pembahasan…
Nah di Katalog Sistem penyelengara dikasih tau dokumen apa
aja yang harus kita bawa, tapi aku tulis ini berdasarkan pengalaman pribadi ya,
lebih kurangnya bisa di cross check di Katalognya langsung.
Singkatnya, urutannya adalah begini :
1. Daftar Online
2. Menyerahkan Berkas yang di-upload ke UPBJJ (Kalau
aku ke Jakarta Timur) untuk validasi
3. Melakukan pembayaran
4. Mengambil Bahan Ajar (Saat menulis post ini, aku
lagi menunggu tahap ini)
Nah… sekarang aku berbagi detailnya yaaa….
3 Juli 2020
Register ‘Calon Mahasiswa UT’ di https://sia.ut.ac.id/. Nanti kamu akan dapat
email aktivasi akun. Klik aja link verivikasinya. Oh ya, link ini Cuma berlaku
3 hari. Kalau kamu tidak verivikasi dalam 3 hari, kamu harus register lagi.
Halaman Depan SIA (Sistem Informasi Akademik) |
Saat nantinya kamu sudah terdaftar, kamu bisa lihat 2 menu dalam halaman SIA ini, yaitu :
1. Non-Pendas (Fyi… ini karena aku ambil jurusan
non-pendas/umum ya, bukan pengajar)
Isi Menu Non-Pendas |
Kalau kamu agak bingung, silakan klik menu panduan pengguna. Di situ kamu bisa
download PDF tentang detail cara penggunaannya.
Menu Registrasi
dan menu Laporan akan tersedia
kalau kamu sudah menyerahkan berkas dan divalidasi oleh UPBJJ. Dan kalau kalian
udah terdaftar sebagai mahasiswa, kalian bisa explore masing-masing aja ya,
nanti kebanyakan akalu aku jelasin di sini 😆
2. Layanan Mahasiswa
Ini Cuma berisi aktivasi menu sih. Ga
membingungkan dan cukup sederhana.
9 Juli 2020
Daftar Online. Kamu akan butuh :
1. Pas foto 4x6 berwarna
2. Download Formulir Data Pribadi Mahasiswa
3. Download Formulir Isian Pas Foto dan Tanda Tangan
Mahasiswa
4. Download Formulir Surat Pernyataan Kebenaran Data dan
Keabsahan Dokumen
5. Download Formulir Registrasi Mata Kuliah (Aku ga pake
karena udah ambil paket SIPAS)
6. Download Formulir Surat Pernyataan Mahasiswa Layanan
SIPAS Universitas Terbuka (Nah aku pake yang ini)
Saat daftar online inilah kamu akan memilih jurusan dan
sistem kuliah. Aku pilih Paket SIPAS
non-TTM. Artinya aku belajar full online tanpa perlu tatap muka. Dan selain isi data via online, kamu akan diminta
untuk upload no. 1-4, sementara no. 6 akan dibawa langsung waktu menyerahkan
berkas2 ke UPBJJ.
Kalau kamu sudah isi semua dengan benar, kamu akan terima email
Notifikasi Data Pribadi. Di email itu kamu juga akan diberitahu langkah yang
harus kamu tempuh selanjutnya.
Jadi in my humble opinion,
walau kesannya kita harus mandiri, kita bener2 dipandu kok, sehingga ga
bingung.
13 Juli 2020
Menyerahkan Berkas ke UPBJJ. Fyi… sabtu-minggu libur ya gaes.....
Yang kamu butuhkan : Semua berkas yang sudah kamu upload,
ditambah :
1. Fotokopi KTP
2. Fotokopi Kart Keluarga
3. Pas Foto 3x4 hitam putih, 2 lembar (based on
katalog UT)
4. Pas Foto 4x6 berwarna, 1 lembar (based on
katalog UT)
Tips aja : Pas
fotonya bawa lebih ya gaes.. kemaren aku dimintain masing2 3 lembar.
5. Fotokopi Ijazah yang sudah dilegalisir
yang ini aku agak drama sih.. karena aku gatau
kalau cap legalisirnya itu artinya cap beneran 😅😅😅, jadi aku (Mas Gan sih sebenernya) harus
balik ke sekolah dulu, which is di
jakarta selatan, terus anter lagi ke UPBJJ di Jakarta Timur.
Nah, kalau data sudah benar semua, UPBJJ akan kasih lembaran Mata kuliah dan disitu tertera
tagihan yang harus kamu bayar dan Kartu
Mahasiswa Sementara. Kamu juga akan menerima email Validasi data dan NIM kamu. Dan lagi, kamu akan
diberitahu langkah yang harus kamu lakukan selanjutnya.
14 Juli 2020
Aku langsung melakukan pembayaran via Tokopedia. Mau tau
berapa yang aku bayar untuk Semester 1? Rp. 1.400.000. Menurutku si itu sangat
amat murah ya 😜
Nah 3 hari kemudian, aku ke UPBJJ untuk ambil bahan ajar,
tapi ternyata belum tersedia. Di sini agak kaget sih karena emang dikasih
taunya adalah setelah bayar, bisa langsung ambil bahan ajar. Jadi aku ditahap
yang lagi semangat-semangatnya mau belajar, eh… malah belum dateng bahan
ajarnya. Tapi aku pikir2 lagi, wajar sih, karena perkuliahan baru
mulai di bulan September.. hahahaha.
18 Agustus 2020
Akhirnya hari ini aku berhasil ambil bahan ajar. Total ada 6 buku guys (aku ambil paket sipas ya). Dan ternyata buku-bukunya itu sama dengan buku digital di aplikasi Bahan Ajar Digital UT. Jadi aku udah punya gambaran lah yaa...
And now is the real struggle, guys...
Semangat yaak!!
Next post aku kasih
tau ya website dan lika-liku yang aku telusuri. Dan karena aku menulis sambil
menjalani, tolong dimaklumi kalau mungkin ada info2 yang aku update karena
kurang tepat atau perlu disesuaikan ya.
See youu next post
Tidak ada komentar:
Posting Komentar